ALIRAN BIAYA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

ALIRAN BIAYA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

















Perilaku Biaya Terhadap Perubahan Aktivitas
Maksud pengertian diatas yaitu pengaruh perubahan biaya terhadap perubahan aktivitas usaha/ Biaya tertentu ada yang berubah naik turun maupun tetap jika adanya perubahan aktivitas usaha.
Dari keterangan diatas kita dapat ketahui terdapat biaya Variabel/berubah-ubah mengikuti aktivitas usaha (contoh biaya bahan langsung, tenaga kerja langsung,  dll)/ dan biaya tetap, biaya akan konstan tetap walaupun kegiatan aktivitas usaha berubah (contoh:  sewa, gaji kantor/administrasi, dll).
Manajemen dalam mengambil keputusan tentunya memperhatikan dampak yang akan timbul. Manajemen akan memilih alternatif yang paling menguntungkan dari alternatif-alternatif yang ada. Perbedaan biaya antara dua alternatif disebut biaya diferensial. Sedangkan perbedaan penghasilan disebut penghasilan diferensial.
Manajemen selain memperhatikan biaya diferensial dan penghasilan diferensial dalam mengambil keputusan, juga memperhatikan Oportunity Cost yaitu manfaat potensial yang akan hilang bila salah satu alternatif telah dipilih. Dan Sunk Cost yaitu biaya yang telah terjadi dan tidak dapat diubah baik sekarang maupun masa mendatang jika keputusan diambil, dalam mengambil keputusan manajemen mengabaikan sunk cost.