ISTILAH - ISTILAH DALAM AKUNTANSI MANAJEMEN (2)


1.        Absorbtion costing/ full costing adalah metode penentuan harga pokok yang meliputi seluruh biaya produksi; bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead variabel maupun tetap; sebagai bagian dari biaya produk jadi.
2.        Basisi alokasi adalah ukuran aktivitas seperti jam kerja langsung atau jam mesin yang digunakan untuk membebankan biaya ke objek biaya.
3.        Sistem process costing adalah sistem penentuan harga pokok yang digunakan perusahaan yang memproduksi produk tunggal atau sejenis yang diproduksi secara terus menerus dalam jangka panjang.
4.        Tarif overhead yang ditentukan dimuka adalah tarif yang digunakan untuk membebankan biaya overhead ke pekerjaan; tarif tersebut ditentukan sebelumnya untuk setiap periode dengan menggunakan estimasi total biaya overhead pabrik dan total basis alokasi selama periode tertentu.
5.        Tarif overhead tunggal adalah tarif overhead yang ditentukan dimuka yang digunakan untuk untuk seluruh proses produksi.
6.        Pembebanan overhead adalah proses untuk membebankan biaya overhead kekartu biaya dan kedalam rekening barang dalam proses.
7.        Dokumen kebutuhan barang adalah dokumen yang menunjukan jenis dan kuantitas dan bahan yang digunakan untuk membuat produk.
8.        Cost driver adalah faktor-faktor seperti jam mesin, bed yang ditempati, jam kerja komputer, jam terbang yang menyebabkan adanya biaya overhead.
9.        Kartu biaya adalah formulir yang disiapkan untuk masing-masing pekerjaan yang berisi biaya bahan , tenaga kerja dan overhead yang dibebankan pada pekerjaan tersebut.
10.    Sistem job-order costing adalah sistem penentuan harga pokok yang digunakan dalam perusahaan yang memproduksi berbagai jenis produk, pekerjaan, atau jasa.
11.    Formulir permintaan bahan adalah dokumen sumber terperinci yang berisi spesifikasi jenis dan kuantitas bahan yang dikeluarkan dari gudang dan digunakan untuk mengidentifikasikan untuk masing-masing pekerjaan.
12.    Tarif majemuk overhead yang ditetapkan dimuka dalah sistem penentuan harga pokok yang memiliki beberapa pool biaya overhead dengan tarif yang berbeda-beda untuk masing-masing pool.
13.    Normal cost System adalah sistem penentuan harga pokok yang mengalokasikan overhead kepekerjaan dengan mengalikan tarif overhead yang ditentukan dimuka dengan jumlah aktual basis alokasi.
14.    Overhead yang dibebankan terlalu tinggi adalah saldo kredit dalam rekening overhead pabrik yang terjadi bila jumlah biaya overhead yang dibebankan kebarang dalam proses lebih besar dari jumlah biaya overhead yang sesungguhnya terjadi.

15.    Overhead yang dibebankan terlalu rendah adalah saldo debet dalam rekening overhead pabrik yang terjadi bila jumlah biaya overhead yang sesungguhnya terjadi lebih besar dari dari jumlah biaya overhead yang dibebankan kebarang dalam proses.

Postingan terbaru

Recent Posts Widget