Jenis - Jenis Pendapatan dan Beban

 Agar lebih mudah dalam mempelajari Materi Pendapatan dan Beban, anda diharuskan dapat membedakan Jenis - jenis perusahaan.


A.      Jenis - Jenis Perusahaan

  • Perusahaan Industri/ Manufaktur/ Pabrik

Perusahaan industri atau perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang mengolah atau memproduksi bahan baku menjadi barang jadi/ setengah jadi, yang kemudian dijual kepada konsumen. Dalam perusahaan industri, pendapatan yang diperoleh berasal dari penjualan barang-barang yang diproduksinya.

  • Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang menjual barang dagang, kegiatan perusahaan dagang yaitu membeli barang dagang kemudian menjual tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Dalam perusahaan dagang, pendapatan diperoleh dari penjualan barang dagangan sesuai dengan harga beli barang tersebut ditambah dengan laba yang diharapkan. 

  • Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa, di mana perusahaan ini memberi jasa kepada konsumen dan memperoleh imbalan dari jasa yang telah diberikan. Imbalan yang diperoleh perusahaan jasa disebut sebagai pendapatan.


B.      Pengertian Pendapatan

Pendapatan adalah jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari kegiatan aktivitasnya seperti penjualan produk dan/ atau jasa kepada pelanggan.

      Jenis - Jenis Pendapatan 

  •  Pendapatan Bersih

Yang dimaksud dengan pendapatan bersih adalah pendapatan yang didapat oleh perusahaan sesudah dikurangi pajak langsung.

  • Pendapatan Diterima di Muka

Pendapatan (atau penghasilan) yang diterima di muka tetapi belum diakui sebagai pendapatan (dicatat sebagai utang pendapatan) pada saat penerimaannya. Dan baru akan diakui sebagai pendapatan jika perusahaan telah menyelesaikan kewajibannya berupa pengiriman barang atau penyerahan jasa kepada pihak yang bersangkutan pada waktu yang akan datang. Pendapatan ini dapat diakui secara bertahap sesuai dengan penyelesaian kewajiban oleh perusahaan.

  • Pendapatan Lain-Lain

Yang dimaksud dengan pendapatan lain-lain adalah pendapatan yang berasal dari sumber-sumber di luar kegiatan utama perusahaan, tidak termasuk dalam pendapatan operasi, misalnya pendapatan bunga, pendapatan sewa, pendapatan dividen, dan laba penjualan aktiva tetap.

  • Pendapatan Permanen

Pendapatan rata-rata yang diharapkan dalam perusahaan selama perusahaan tersebut berdiri.

  • Pendapatan Usaha

Pendapatan usaha adalah pendapatan yang berasal dari kegiatan utama perusahaan.

  • Pendapatan yang Masih Harus Diterima

adalah pendapatan yang sudah dihasilkan (earned) walaupun piutang yang bersangkutan belum jatuh tempo (belum saatnya ditagih).


C.     Beban

Sebelum memahami jenis - jenis beban perusahaan, anda harus memahami apa itu beban dengan biaya. Biaya dalam ilmu akuntansi dikenal dengan nama cost, sedangkan beban dikenal sebagai expense.

  1. Pengertian Beban (Expense) dan Bedanya dengan Biaya (Cost)

Secara umum, beban (expense) dikenal sebagai suatu penurunan nilai ekonomi pada aktiva. Dalam ilmu akuntansi beban (expense) adalah kewajiban yang tidak dapat dihindarkan. Tentunya ada hal yang menyebabkan nilai dari ekuitas menurun. Jadi, mau tidak mau, harus ada pengorbanan berupa beban (expense) yang menjadi kewajiban ini. 

Hal ini tentu berbeda dengan apa yang dikenal sebagai biaya (cost) . Biaya lebih mudah dijelaskan sebagai suatu besar harga yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan keuntungan. Jadi, biaya akan dikeluarkan untuk membeli suatu aktiva tetap. Pada akhirnya, aktiva tersebut akan digunakan untuk mendapatkan keuntungan. Jadi biaya tidak sama dengan beban dalam hal fungsi dan bagaimana penggunaanya dalam pengelolaan keuangan.

     2. Jenis-jenis beban perusahaan

  • Beban Akrual adalah beban yang masih perlu dibayarkan (beban-beban tertentu yang mungkin sudah terjadi) akan tetapi pembayarannya belum dapat dilaksanakan sampai pada periode yang berikutnya. Pada akhir periode dalam akuntansi perlu untuk mencatat dan menentukan beban-beban yang sudah terjadi, meskipun belum dibayarkan.
  • Beban kredit macet (bad debt expense) adalah beban yang muncul berdasarkan tindakan tertagihnya piutang usaha. Contoh : doubtful account expense (beban piutang ragu-ragu), beban piutang yang tidak bisa ditagih.
  • Beban Operasional adalah beban yang terdiri dari beban beban umum administrasi dan beban penjualan. Keseluruhan dari beban yang terlibat dalam kegiatan operasional perusahaan. Dalam sebuah laporan laba/rugi, laba operasional akan dihitung dengan pendapatan dikurangi beban operasional.
  • Beban Penyusutan adalah pengakuan berdasar penggunaan manfaat potensial dari aktiva. Beban yang timbul karena adanya pemakaian aktiva berwujud.
  • Beban yang ditangguhkan adalah beban yang dibayar dimuka (pengeluaran) yang sudah dibayarkan akan tetapi belum dirasakan manfaat ekonomisnya.
  • Beban yang masih harus dibayar (accrued expenses) adalah biaya-biaya yang telah menjadi beban walaupun utang yang bersangkutan belum menjadi sebuah kewajiban.

D.      Klasifikasi beban berdasarkan jenis perusahaan.
  1. Perusahaan Jasa
    • Beban gaji : beban yang berasal dari penggunaan jasa tenaga kerja yang diperkerjakan dalam perusahaan.
    • Beban Sewa : beban yang muncul karena telah terjadi sewa atau pemakaian segala sesuatu yang bersifat sewa.
    • Beban perlengkapan : beban yang muncul karena pemakaian bahan pembantu atau perlengkapan dalam operasional perusahaan.
    • Beban bunga (interest expenses) : beban yang muncul karena peminjaman modal kepada Bank yang dikenai bunga. 
    • Beban serba-serbi (miscellaneous expenses) : beban yang terdiri dari berbagai transaksi berjumlah kecil, jarang terjadi dan tidak tertampung dalam akun beban.

                2. Perusahaan Dagang

      • Beban penjualan (selling expenses) : beban yang terjadi berkaitan dengan kegiatan penjualan dan pemasaran barang
    • Beban administrasi dan umum : beban yang terjadi berkaitan dengan seluruh kegiatan perusahaan dan beban bersifat umum yang tidak bisa diidentifikasikan sebagai kegiatan spesifik (produksi atau penjualan).
    • Beban lain-lain (other expenses) : beban yang tidak berkaitan dengan kegiatan utama.

          3. Perusahaan Manufaktur

      • Biaya Pokok Penjualan (Cost of Good Solds)  
Rekening Biaya Pokok Penjualan adalah suatu biaya perolehan yang berasal dari pos-pos persediaan (biaya pabrikasi atau harga pembelian) yang dijual guna menghasilkan pendapatan dari penjualan

      •  Beban Operasi (Operating Expenses)  
Beban operasi adalah suatu beban berkala dan umum yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam  menghasilkan keuntungan.
      •  Beban Lain-lain (Other Expense)  
Beban lain-lain adalah beban yang dikeluarkan dari aktivitas-aktivitas yang bukan dari kegiatan pokok sebuah perusahaan sehingga nilai rupiah sangat kecil.


Baca juga :






Postingan terbaru

Recent Posts Widget