Fungsi dan Kegunaan Seng/ Zinc/ Zn

  • Pengertian Seng/ Zinc/ Zn

Seng/ Zinc/ Zn adalah logam keempat yang paling umum digunakan, setelah besi , aluminium , dan tembaga.

  • Penggunaan Seng

1. Galvanisasi adalah proses penerapan lapisan seng pelindung pada baja atau besi , untuk mencegah karat . 

2. Kuningan adalah paduan tembaga dan seng , dalam proporsi yang dapat divariasikan untuk mencapai berbagai sifat mekanik dan listrik.

3. Perunggu adalah paduan yang terutama terdiri dari tembaga , biasanya dengan sekitar 12-12,5% timah dan seringkali dengan penambahan logam lain (seperti aluminium , mangan , nikel atau seng ) dan terkadang non-logam atau metaloid seperti arsenik , fosfor atau silikon . Penambahan ini menghasilkan berbagai paduan yang mungkin lebih keras daripada tembaga saja, atau memiliki sifat berguna lainnya, seperti kekakuan, keuletan , atau kemampuan mesin.

  • Anti-korosi dan baterai

Seng paling sering digunakan sebagai agen anti korosi , dan galvanisasi (pelapis besi atau baja ) adalah bentuk yang paling dikenal.

Seng digunakan sebagai bahan anoda untuk baterai. 

  • Paduan

Paduan seng yang banyak digunakan adalah kuningan, di mana tembaga dicampur dengan seng antara 3% hingga 45%, tergantung pada jenis kuningannya. Kuningan umumnya lebih ulet dan lebih kuat dari tembaga, dan memiliki ketahanan korosi yang unggul. Properti ini membuatnya berguna dalam peralatan komunikasi, perangkat keras, alat musik, dan katup air.

  • Penggunaan industri lainnya

Seng oksida banyak digunakan sebagai pigmen putih pada cat dan sebagai katalisator dalam pembuatan karet untuk menyebarkan panas. Seng oksida digunakan untuk melindungi polimer karet dan plastik dari radiasi ultraviolet (UV).

 

Postingan terbaru

Recent Posts Widget